Mengatur Kelembaban Rumah Walet

Seperti yang kita ketahui kelembaban rumah walet terbaik adalah 80 - 90 %. Kelembaban yang terlalu tinggi misalnya 95 - 105 % mengakibatkan sarang menjadi lembek dan sarang berwarna keruh.

Sedangkan kalau kelembaban terlalu rendah berkisar 30 - 50 % akan mengakibatkan sarang mudah retak dan kurang sempurna bentuknya.

Untuk mengetahui kelembaban rumah walet bisa dipergunakan alat pengukur ThermoHygrometer.

Alat ini sangat penting dan harus dimiliki peternak walet selain berfungsi sebagai pengukur kelembaban, alat ini juga bisa mengukur suhu ruang.
ThermoHygrometer dapat dibeli di toko yang menjual sarana budidaya walet atupun melalui website kami.

Untuk menjaga kelembaban agar stabil perlu dilakukan dengan membuat bak air yang permanen ataupun dengan menggunakan baskom yang keperluanya bisa disesuaikan kebutuhan, dan di tempatkan di dalam gedung walet.

Pengaturan kelembaban Rumah walet di daerah panas daerah equator yang bersuhu 30 - 33° C bak air harus agak besar atau baskom perlu banyak dan mempunyai permukaan yang luas namun ketinggian air boleh berkisar 20 Cm saja. Luas bak air berkisar 70% dari total luas kamar / bangunan. Hal ini dimaksudkan agar penguapan lebih merata.

Untuk daerah yang bersuhu 26 - 28°C bak air yang diperlukan relatif tidak besar, luas bak air cukup 25% dari total luas ruang.

Baca juga artikel lainya :